MARIA : PELAYAN KUSTA YANG KREATIVE


Kreativitas pelayanan para petugas kusta dilapangan tidak bisa dipungkiri. Mereka tidak hanya melayani penderita kusta dengan memberi obat kepada pasien. Mereka juga terlibat dalam penguatan iman/spiritual penderita dan umat lainnya dalam pelayanan terhadap anak-anak dan orang dewasa di gereja.
Perawat Kusta seperti Maria menyadari bahwa urusan iman bukan bidangnya, namun karena kebutuhan dan keadaan umat yang perlu dibantu maka ia membaranikan diri untuk mendampingi dan membantu umat meskipun serba terbatas. Semua dilakukan karena kasih kepada umat yang dalam banyak hal terbatas.
Selain urusan iman, dalam pelayanan sehari-hari, petugas berusaha untuk melibatkan masyarakat. Hal konkret yang dibuat adalah membeli hasil kebun/hutan dan buruan dari masyarakat. Hasil kebun, hutan dan buruan itu akan diolah menjadi makanan yang yang nantinya dibagikan kepada para pasien kusta ketika mereka datang untuk minum obat. Intinya, meskipun sederhana dan sedikit, masyarakat merasa dilibatkan dan mendapat hasil dari usaha mereka. (Hen-YASA)

Membeli Hasil Bumi dan Buruan Masyarakat
Melayani Pasien Kusta Minum Obat