Team YASA dan RSUD Agats Memverifikasi Data ODHA Asmat


Dalaman usaha menanggulangi masalah HIV/AIDS di Kabupaten Asmat, YASA dan RSUD Agats membangun Kerja Sama. Kerja sama itu tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangi oleh Ketua YASA dan Direktur RSUD Agats. Salah satu ruang lingkup kesepakatan adalah pedampingan ODHA. Dalam rangka itu pada Hari Sabtu, 8 Agustur 2020 bertempat d Aula Pastoral Keuskupan Agats diadakan pertemuan team YASA dan RSUD Agats untuk memverifikasi data ODHA.

Hasil verifikasi internal ini memperlihatkan jumlah ODHA yang tercatat dari tahun 2014-2020 ini lebih dari 200 org. Dari jumlah yang ada ditemukan banyak ODHA yang telah meninggal. Selain itu ditemukan alamat tinggal/domisili sebagian ODHA tidak jelas. Temuan lain memperlihatkan banyak ODHA yang tidak menjalankan ARV. Sebagian kecil menjalankan secara rutin, sebagian besar putus – sambung dan yang lain putua sama sekali bahkan tidak ambil ARV sejak ditemukan positif. Semua data dan temuan ini sementara ini menjadi data dasar bagi team dalam meng-up date / verifikasi ODHA di lapangan. Kerja sama ini sangat baik dan berguna untuk penanggulangan masalah HIV/AIDS di Asmat.

Team YASA dan RSUD Agats sedang serius memverifikasi data ODHA.
Pemaparan data ODHA dan penandatangan Pakta Integritas semua angota team verifikasi dalam menjaga kerahasiaan data ODHA.