Para Penderita Kusta di Kampung Pupis Mulai Dilayani YASA


Kasus kusta di Kampung Pupis Distrik Sawa Erma Kab. Asmat sudah hampir satu tahun ditemukan. Sejak ditemukan oleh YASA, dibangun komunikasi dengan pihak pemerintah melalui DinKes Kab Asmat untuk penanggulangannya. Makin hari penderita makin banyak. Pastor Paroki Gereja Katolik Sawa Erma, P. Vince Colle, MM makin gelisa. Setelah melalui pertemuan bersama Bp Uskup Agats ( Mgr. Aloysius Murwito OFM), team pastoral Sawa dan pihak YASA, diputuskan agar pelayanan segerah dimulai.

Follow up dari hasil rapat itu, maka pada tanggal 14 Agustus 2020, team YASA memulai pelayanan dan pendampingan penderita kusta di Kampung Pupis. YASA menempatkan dua orang perawat yang akan tinggal bersama masyarakat di kampung selama pengobatan dan pendampingan penderita kusta berjalan. Sebagai penanda pembukaan pelayanan, Pimpinan YASA (Rm. Hendrikus Hada, Pr), hadir secara langsung di lapangan. Rm. Hendrik mendoakan, memberi berkat pada obat dan pasien yang akan menjalani terapi sesuai dengan standar WHO.

Jumlah Penderita Kusta positif yang mulai ditangani pada awal iji sebanyak 25 orang. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah mengingat masih banyak masyarakat yang belum diperiksa. Semoga para penderita kusta tertolong, para perawat kerasan dan setia, masyarakat mendukung dan sehat, para mitra komit dalam kerja sama.