Serah Terima Kepala Perawat Kusta


Lima tahun berkarya melayani para penderita kusta di Asmat bukan hal yang gampang dan sederhana. Pelayanan itu sungguh berat ketika kita sejenak melihat kondisi awal pelayanan bahkan sampai dengan saat ini. Tepatnya tanggal 1 Januari 2005, Sr Maria Dorothea, PRR dan tig suster lainnya mengawali pelayanan penderita kusta d Kampung Mumugu dan Kamping Mumugu Dua. Kondisi sosial, fasilitas umum dan sarana pelayanan saat itu sangat terbatas. Para suster dengan semangat dan komitment penuh melayani hampir 200 org penderita kusta. Syukur Puji Tuhan, pertengahan tahun 2008 kerja keras dan pengorbanan penuh kasih berhasil membuat para pasien sembuh 99%. Keberhasilan itu membuat pemerintah daerah mempercayakan sekali lagi YASA dengan para petugas medisnya melakukan pelayanan kusta di kampung-kampung lain di wilayah Kab. Asmat. Pelayanan itu sekarang tersebar di bebera kampung yang berjauhan satu sama lain. Sr. M. Dorothea, PRR telah memulai merintis dan menyiapkan jalan pelayanan itu. Sudah waktunya, Sr. Dorothea, PRR oleh pimpinan perlu penyegaran.

Kepergian Sr. Dorothea, PRR untuk penyegaran tidak meninggalkan para perawat kusta dan pasien sebagai yatim-piatu. Pimpinan Umum PRR (Sr. Maria Gratiana, PRR) telah mengutus seorang penolong yang akan melanjutkan pelayanan yang telah dimulai dan sedang bejalan saat ini. Pemimpin umum PRR memilih pengganti yang juga memiliki basic dan pengalaman yang sama dibidang pelayanan Kusta. Penolong itu telah datang, dia adalah Sr. Maria Florida, PRR. Untuk beberap waktu Sr. Dorothea dan Sr. Florida akan berbagi pengalaman bahkan langsung ke lapangan.

Mengingat pentingnya pelayanan, maka sebelum Sr. Dorothea PRR meninggalkan tugas dan tanggungjawabnya, demikian pula sebelum Sr. Florida memulai dan melanjutkan tanggungjawab yang ada, perlu dilakukan serah terima. Moment serah terima dibuat di Pusat Pelayanan Kusta Mumugu Dua pada tanggal 8 Oktober 2020. Serah terima dihadiri dan disaksikan oleh Ketua dan Staff YASA bersama semua perawat kusta.

Trimakasih Sr. Dorothea, PRR untuk pengabdianmu yang penuh dedikasih buat penderita kusta. Selamat melanjutkan miai baru d tempat lain dan berkat Tuhan menyertai. Tidak ketinggalan, selamat datang dan selamat bergabung Sr. Florida, PRR dalam pelayanan penderita kusta di Asmat ini. Selamat melayani, kasih setia Tuhan menyertai. (Hen_YASA)